UJI PUBLIK REGULASI DI BIDANG TRANSPORTASI DARAT DAN PERATURAN PELAKSANAANNYA

Jumat, 10 Maret 2017

Undang – undang no. 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan pada pasal 205 dan pasal 207 telah mengamanatkan untuk menetapkan Peraturan Pemerintah tetang Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan . Rancangan Peraturan Pemerintah tersebut saat ini telah selesai dilakukan pengharmonisan , pembulatan dan pemantapan konsepsi di Kementerian Hukum dan HAM serta telah disampaikan kepada Presiden untuk penetapan.

Demikian disampaikan Kepala Biro Hukum Kementerian Perhubungan RI Sri Lestari Rahayu , SH, LLM  pada acara Uji Publik tentang Regulasi di Bidang Transportasi Darat tahun 2017 di Hotel Sovereign Kuta Bali , Kamis (9/3) dihadiri oleh Kepala Pusat Pengelolaan Transportasi Berkelanjutan , Balai LLAJSDP Denpasar , Palu dan Palangkaraya ; Kepala Dinas Perhubungan Jawa Timur , Sulawesi Selatan , Sulawesi Tengah , Sulawesi Barat  Sulawesi Utara , Gorontalo , Kalimantan Barat , Kalimantan Timur , Kalimantan Selatan , Kalimantan Utara , Nusa Tenggara Barat , Nusa Tenggara Timur , Maluku dan Maluku Utara ; dan Kepala Dinas Perhubungan Kab/Kota Se-Bali  serta Organda Provinsi Bali .

Karo Hukum menegaskan Sistem Menejemen Keselamatan pada Perusahaan Angkutan Umum meliputi Komitmen dan kebijakan pengorganisasian , Manajemen bahaya dan resiko , Fasilitas pemeliharaan dan perbaikan kendaraan , Dokumentasi dan Data , Peningkatan kompetensi dan pelatihan , Tanggap darurat , pelaporan kecelakaan internal , Monitoring dan evaluasi , dan pengukuran kinerja. Dengan uji publik ini diharapkan masukan dan tanggapan dari pemangku kepentingan terkait penyusunan Rancangan Peraturan Menteri Perhubungan tentang Penyelengaraan Angkutan Orang Dengan Kendaraan Bermotor Dalam Trayek dan Rancangan Peratuan Menteri Perhubungan tentang Sistem Manajemen Keselamatan Perusahaan Angkutan Umum , mengingat sifatnya yang sangat spesifik baik dari sisi teknis maupun dari sisi operasional.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Bali I Gusti Agung Ngurah Sudarsana , SH, MH sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan mengingat tantangan pembangunan di Bidang Transportasi baik darat , laut maupun udara ke depan akan semakin berat dan komplek , mengingat tuntutan pelayanan kepada masyarakat belum maksimal diberikan oleh Pemerintah apalagi di Era yang serba otomatis , Transparan dan

Teknologi tinggi , kita sebagai insan Perhubungan mau tidak mau harus tunduk pada zaman saat ini , ketika mengabaikannya maka kita akan dilindas oleh zaman teknologi ini. Kegiatan tersebut menghadirkan narasumber dari Kementerian Perhubungan RI.

Denpasar, 9 Maret 2017

Pranata Humas Dinas Pehubungan Provinsi Bali

Ni Ketut Suaningsih S.Sos