Surat Edaran Hari Raya Nyepi

Jumat, 15 Maret 2013

SURAT EDARAN
Nomor : 003.2 / 17319 / DPIK
 
Menunjuk Surat Edaran Gubernur Bali Nomor : 003.1/4482/BKD. Tanggal 10 Oktober 2012 tentang Hari Libur Nasional, Cuti Bersama dan Dispensasi Hari Raya Suci Hindu di Bali Tahun 2013, bersama ini disampaikan bahwa, Hari Raya Nyepi Tahun Caka 1935, jatuh pada hari Selasa tanggal 12 Maret 2013 dengan Catur Brata Penyepian sebagai berikut :
 
 1.  Amati Geni  : yaitu   tidak   menyalakan     api  / lampu  dan   tidak mengumbar  / mengobarkan  hawa   nafsu.
2.  Amati Karya: yaitu tidak melakukan kegiatan / kerja fisik, melainkan tekun melakukan penyucian rohani
3.  Amati Lelungan: yaitu   tidak   bepergian   kemana - mana   melainkan senantiasa   mulat sarira / mawas diri di rumah.
4.  Amati Lelanguan: yaitu  tidak mengadakan hiburan  /  rekreasi atau bersenang- senang lainnya.
 
Sehubungan dengan hal tersebut, agar umat Hindu dapat melaksanakan Catur Brata Penyepian dengan sebaik-baiknya sesuai dengan ajaran agama Hindu, dimohon perhatiannya terhadap hal-hal sebagai berikut :
 
Pelaksanaan Hari Raya Nyepi di mulai dari tanggal 12 Maret 2013 pukul 06.00 WITA sampai dengan tanggal 13 Maret 2013 pukul 06.00 WITA.
 
Bagi Instansi Pemerintah dan Swasta yang mengemban tugas pelayanan pada Hari Raya Nyepi agar menyiapkan petugasnya di tempat tugas sehari sebelum Hari Raya Nyepi  ( tanggal 11 Maret 2013).
 
Bahwa sesuai dengan surat Dirjen Perhubungan Udara tanggal 1 September 1999 Nomor : AU/2696/DAU/1796/99, perihal pengoperasian Bandar Udara Ngurah Rai Denpasar pada Hari Raya Nyepi dijelaskan  sebagai berikut : 
 
Penerbangan Domestik
Penerbangan dengan tujuan akhir dan keberangkatan pertama dari Bandar Udara Ngurah Rai ditiadakan.
Penerbangan transit di Bandar Udara Ngurah Rai diijinkan, tetapi dilarang mengangkut penumpang dengan tujuan akhir Denpasar atau berangkat dari Denpasar, yang diijinkan diangkut hanya penumpang transit / transfer.
 
Penerbangan Internasional
Penerbangan dengan tujuan akhir dan keberangkatan pertama dari Bandar Udara Ngurah Rai ditiadakan.
Penerbangan transit di Bandar Udara Ngurah Rai diijinkan, tetapi dilarang mengangkut penumpang dengan tujuan akhir Denpasar atau berangkat dari Denpasar, yang diijinkan diangkut hanya penumpang transit/transfer.
 
Penerbangan Lintas ( overfly ), Technical Landing dan Emergency Landing ( termasuk Medical Evacuation ).
 
Penerbangan Lintas (overfly), Technical Landing dan Emergency Landing ( termasuk Medical Evacuation ) di ijinkan.
 
Khusus untuk Technical Landing, awak pesawat dan penumpang di haruskan tetap berada diwilayah Bandar Udara selama Hari Raya Nyepi.
 
Khusus kepada Tour Operator agar dalam memasarkan paket wisata dapat menjelaskan kepada para wisatawan tentang arti dan makna Hari Raya Nyepi sehingga tidak timbul salah penafsiran mengenai hakekat Hari Raya Nyepi itu sendiri.
 
Semua pintu masuk lewat Pelabuhan Laut di seluruh Bali ditutup.
 
Semua Terminal diseluruh Bali di tutup.
 
Dispensasi secara tradisional yang dikeluarkan oleh Desa Pakraman / Desa Adat / Banjar seperti mengangkut orang sakit, melahirkan, atau kepancabayan tetap berlaku sesuai tradisi.
 
Demikian untuk dijadikan pedoman dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.
 
 
GUBERNUR BALI
 
TTD / CAP
 
MADE MANGKU PASTIKA