SOSIALISASI BUS TRANS SARBAGITA DI KABUPATEN TABANAN

Jumat, 04 September 2015

Kepala UPT Trans Sarbagita Provinsi Bali Drs. I Gede Gunawan,Msi di dampingi Kepala Balai LLAJSDP,Kepala Perum Damri, Perwakilan Organda Bali dan Masyarakat Transportasi melakukan sosialisasi pelayanan angkutan Trans Sarbagita di ruang rapat kantor Bupati Tabanan, Rabu (2/9) Gunawan mengungkapkan dalam waktu yang tidak terlalu lama masyarakat Kabupaten Tabanan akan menikmati fasilitas Trans Sarbagita dengan rute Pesiapan-Mengwi,PP Mengwi-Teuku Umar Barat,PP - Teuku Umar Barat,PP , tepatnya pada tanggal 18 September 2015 karena Launcing Trans Sarbagita direncanakan tanggal 17 September 2015 bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Perhubungan 2015 di halaman kantor Dishub Infokom Provinsi Bali.
Dalam acara sosialisasi Gunawan menyampaikan sejak dilauncing empat tahun yang lalu, Bus Trans Sarbagita belum bisa melewati wilayah Tabanan, karena hanya baru SARBAGI, jadi TA nya belum. Awalnya kami rencananya mengambil rute dari Central Parkir Kuta menuju Tanah Lot, namun ruas jalan yang dilewati belum mendukung, karena panjang Bus 12 Meter. Mudah-mudahan rencana kami untuk launcing Bus Trans Sarbagita tanggal 17 September 2015 dan besoknya bisa terealisasi .
Beliau menambahkan, saat ini tingkat kemacetan di wialayah Denpasar, Badung, Gianyar dan Tabanan cukup tinggi terutama saat musim liburan dan hari raya. Karena itu masyarakat diharapkan bisa memanfaatkan sarana angkutan umum untuk mengurangi tingkat kemacetan di jalan raya. “Tujuan pemerintah untuk mengaktifkan kembali sarana angkutan umum di wilayah Sarbagita adalah mengurangi tingkat kemacetan.
Selain mengurangi kemacetan, angkutan umum juga akan mampu menghemat pengeluaran masyarakat untuk membeli bahan bakar kendaraannya, sehingga biaya tersebut bisa dialokasikan untuk kebutuhan yang lain. Selain mengurangi kemacetan, masyarakat juga bisa lebih berhemat.
Sekrertaris Dinas Perhubungan Komunikasi dan informasi Kabupaten Tabanan Putu Ariana menyatakan apresiasi serta menyambut baik masuknya Bus Trans Sarbagita ke Tabanan. Menurutnya ini merupakan awal yang baik bagi dunia transportasi khusunya di Tabanan. Selama ini kami di Tabanan sudah mulai meberlakukan kembali sarana angkutan umum yakni Trans Serasi yang rutenya masih seputaran kota Tabanan. Pihaknya berharap dengan kehadiran Trans Sarbagita di Tabanan, mampu mengatasi kemacetan serta mempermudah akses masyarakat Tabanan menuju wilayah Badung, Gianyar dan Denpasar.

Pranata humas Dishub Infokom Bali