KUNJUNGAN SMK NEGERI 1 MONDOKAN KE DISHUB, INFOKOM PROVINSI BALI

Selasa, 25 Agustus 2015

Sebanyak 100 siswa siswi SMK Negeri 1 Mondokan Jurusan Teknik Komputer Dan Jaringan Senin, (24/08) melakukan kunjungan ke Dishub Infokom Bali. Rombongan diterima oleh Kepala UPT. ATCS Dishub Infokom Bali Ir. Luh Suasti M.Si di ruang rapat Dishub Infokom Prov. Bali beliau menyampaikan terimakasih atas kunjungan yang dilakukan oleh SMK Negeri 1 Mondokan.
Wakil Kepala Sekolah Bapak Sukir S.Pd M.Pd selaku Kepala Bidang humas menyampaikan tujuan dari kunjungan yang dilaksanakan hari ini ke Dishub Infokom Prov. Bali khususnya ke UPT ATCS adalah untuk menambah pengetahuan dan mengkolaborasikan ilmu yang diperoleh dalam pengembangan kompetensi keahlian disamping juga untuk menambah wawasan IT di Bidang ATCS.
Ir.Luh Suasti dalam pemaparannya menyampaikan ATCS merupakan Area Traffic Control System atau yang lebih dikenal dengan istilah ATCS adalah suatu sistem pengendalian lalu lintas berbasis teknologi informasi pada suatu kawasan yang bertujuan untuk mengoptimalkan kinerja jaringan jalan melalui optimasi dan koordinasi pengaturan lampu lalu lintas di setiap persimpangan.Setelah pemaparan, nantinya anak-anak diharapkan mengunjungi ruang CCRoom ATCS Provinsi Bali.

ATCS di Provonsi Bali memiliki tujuan utama selain seperti apa yang disampaikan dalam pemaparan juga untuk memberikan prioritas Bus Trans Sarbagita (Priority Bus) agar layanan Bus Trans Sarbagita menjadi optimal. Selain itu fungsi ATCS adalah untuk mengatur waktu sinyal di persimpangan secara responsif dan terkoordinasi, memberikan prioritas lampu hijau di persimpangan bagi Bus Trans Sarbagita, untuk memantau perjalanan bus trans sarbagita dan situasi di halte trans sarbagita, dan juga dalam keadaan tertentu memberikan waktu hijau kepada kendaraan yang memiliki prioritas ( pemadam kebakaran, ambulance, vvip, konvoi, dll ), untuk menyampaikan informasi kondisi lalu lintas dan alternatif lintasan dan yang terakhir untuk menyediakan rekaman data lalu lintas, kejadian kecelakaan, dan kejadian lainnya di persimpangan dan di halte.




Denpasar, 24 Agustus 2015
Pranata Humas Dishub Infokom Bali